Penggajian

Sistem Penggajian Perguruan Tinggi

Logo C-Dev

SISTEM PENGGAJIAN PERGURUAN TINGGI
Strategi Penyusunan Sistem Penggajian
Yang Mendorong Produktivitas dan Akomodatif Terhadap Tuntutan Pegawai

Pendahuluan
Permasalahan kebijakan dan sistem penggajian atau pengupahan pegawai di perguruan tinggi yang dapat memacu produktifitas dan kinerja dosen dan pegawai merupakan topik yang selalu aktual dibicarakan pada setiap forum diskusi tentang sumberdaya manusia. Tujuan utama yang dapat dicapai oleh sebuah perguruan tinggi melalui kebijakan dan sistem penggajian yang tepat adalah untuk menjamin bahwa perguruan tinggi itu mampu menarik, mempertahankan dan memotivasi dosen dan pegawai yang berkualitas tinggi. Dengan mempunyai dan menerapkan kebijakan dan sistem yang tepat dan baik, reputasi perguruan tinggi akan terangkat dan sumberdaya manusia yang berkualitas tinggi akan tertarik untuk bergabung ke perguruan tinggi tersebut.

Pada kenyataannya hingga sampai sekarang ini banyak perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi swasta yang belum menerapkan kebijakan dan sistem penggajian yang kondusif untuk memacu produktivitas pegawai, hal ini terutama terjadi pada perguruan tinggi yang  hanya meniru begitu saja sistem dan cara pengelolaan gaji atau imbalan yang digunakan untuk pegawai negeri sipil. Mereka melakukan modifikasi ketentuan-ketentuan yang ada dan akhirnya menjadi suatu sistem kombinasi yang baru tetapi kadang-kadang malah justru kontra produktif.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami C-DEV High Education Partner Yogyakarta mencoba untuk menyelenggarakan PELATIHAN / WORKSHOP tentang manajemen penggajian yang difokuskan pada PENYUSUNAN SISTEM PENGGAJIAN yang dapat mendorong kinerja dan produktivitas dosen dan pegawai.

Maksud dan Tujuan
Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberi pemahaman yang komprehensif kepada peserta mengenai manajemen penggajian dosen dan pegawai di lingkungan perguruan tinggi, sedangkan tujuannya secara khusus agar semua peserta memahami :

  1. Konsep Tentang Gaji, Upah dan Imbalan
  2. Kebijakan Pemerintah Tentang Penggajian di Sektor Swasta
  3. Langkah-langkah Persiapan Merumuskan Kebijakan dan Sistem Penggajian
  4. Analisis Jabatan
  5. Menyusun skala gaji berdasarkan jabatan

Target/Sasaran
Setelah mengikuti workshop ini secara intensif dan terus menerus, semua peserta diharapkan mampu menjelaskan secara komprehensif mengenai manajemen penggajian, sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan lagi apabila ada komplain dari pegawai mengenai kenaikan tuntutan gaji

Metode
Ceramah, Dialog, Diskusi Kelompok, Presentasi Kelompok

Peserta
Pengurus Yayasan, Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH), Pimpinan Universitas / Institut / Sekolah Tinggi / Akademi / Politeknik / Politekes / Poliseni, Pimpinan Fakultas, Biro SDM, Dosen dan Pegawai yang berminat

Materi
-  Konsep Gaji, Upah dan Imbalan
-  Kebijakan Penggajian Pemerintah di Sektor Swasta
-  Langkah-langkah Perumusan Kebijakan dan Sistem Penggajian
-  Analisis Jabatan
-  Menyusun Skala Gaji Berdasarkan Analisis Jabatan
-  Menyusun Tunjangan Struktural
-  Kerja Kelompok

Durasi
2 (dua) hari

Narasumber
Rr. Sri Handari, S.E., M.Si.
Instruktur Tetap C-DEV High Education Partner Yogyakarta. Konsultan Ahli Manajemen Perguruan Tinggi. Aktif memberikan pelatihan dan konsultasi mengenai penyusunan sistem penggajian di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pendaftaran Pelatihan